Tarra » Blog » Ingin Tahu Tentang Manajemen Dan Pengorganisasian Radio ?, Simak Terus Tips-tips Radio Berikut Ini

Ingin Tahu Tentang Manajemen Dan Pengorganisasian Radio ?, Simak Terus Tips-tips Radio Berikut Ini

- Tarra Blog |

Stasiun radio yang baik pada umumnya memiliki minimal  3 divisi utama dalam struktur organisasinya, yakni divisi program, divisi teknis, dan divisi pemasaran. divisi program bertanggung  jawab dalam perancangan isi dan produksi siaran. divisi teknis bertanggung jawab untuk mempersiapkan berbagai saran dan prasarana penunjang untuk kelancaran program siaran. divisi pemasaran bertanggung jawab terhadapa kelancaran pelaksanaan operasional.

Penyiar radio bekerja dalam team work disebut kru (crew) dipimpin oleh direktur utama yang biasanya ialah pemilik radio (Owner). dibawah dirut ada general manager yang bertanggung jawab atas keseluruhan operasional studio sehari-hari. dibawah GM ada manajer, yaitu manajer program atau populer disebut program director (PD), lalu manajer marketing dan manajer teknis beserta para stafnya.

Manajer program merupkan kepala siaran atau bos penyiar, bertugas: membuat jadwal siaran, memantau stasiun, mengontrol program untuk menjaga konsistensi dan kualitas produksi radio serta beberapa tugas lainnya.

Manajer marketing, bertugas mencari duit (iklan). Dialah yang mengatur penjualan jam siaran komersial (air time) alias mencari iklan. Manajer teknik, bertanggung jawab atas kualitas radio yang dikonsumsi pendengar. Salah satu tugasnya yaitu mengoperasikan atau memastikan bekerjanya semua peralatan stasiun termasuk bekerjanya semua peralatan stasiun, termasuk soal pemancar, sesuai dengan parameter teknik yang ditentukan oleh pemerintah atau lembaga yang berwenang.

Music director, sebutan populernya adalah MD, bertugas: menyusun daftar lagu (play list) menyeleksi lagu menentukan boleh tidaknya sebuah lagu diputar diruang siaran oleh penyiar. Manajer produksi, tugas utamanya ialah: menentukan sesi rekaman, menangani spot-spot iklan dan promosi program dan bersama staf teknisnya bertanggung jawab atas kualitas audio sebuah lghu, lalu mengeditnya supaya enak didengan dan layak siar.

produser disebut pengarah acara, bertugas: menangani khusus satu atau lebih program siaran, menentukan materi siaran, penyiarnya juga menentukan narasumber atau bintang tamu bila diperlukan.

News director, bertugas: menangani berita-berita atau informasi yang mesti disiarkan penyiar, meyeleksi bahan-bahan berita yang ada untuk disiarkan, memilih tema-tema untuk dibicarakan oleh penyiar bersama pendengar. sedangkan, reporter bertanggung jawab dalam mencari, mengumpulkan, menyeleksi dan mengolah materi pemberitaan hingga siap siar.

Script writer, penulis naskah siaran, anak buah langsung, tugasnya: mengedit naskah yang digunakan atau disiarkan oleh penyiar, menyiapkan berbagai bahan atau informasi yang mendukung sebuah program siaran, utamanya siaran berita atau siaran lain yang membutuhkan naskah misalnya, tips atau info ringan.

Public Relations, tugasnya menangani: proposal kerjasama dan mengkoordinasikannya dengan program director (PD) dan Manajer Marketing, menjalin hubungan baik dengan lembaga-lembaga potensial menjadi pengiklan, pendukung program siaran dan pendengar setia serta membagun citra Positif radio. Off Air Division, bagian khusus menganani acara non siaran di studio.

Sumber : nersnova.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta Pusat, Indonesia 10630