Tarra > Blog

Sebelum Memulai Siaran Radio, Baca Dulu Tips Berikut Ini

Hai sobat, masih tentang dunia Broadcasting, sekarang kita akan membahas tentang Radio. yang akan saya bahas ialah mengenai tips-tips sebelum memulai siaran radio..

oke langsung aa nih baca ! :)

Ketika akan memulai siaran radio. jangan lupakan langkah-langkah berikut ini. sederhana, namun menentukan kesuksesan siaranmu :

  1. Hadir di studio minimal 15 menit sebelum siaran. cek semua perangkat siaran dengan ”mengintip” penyiar sebelum anda. barangkali ada masalah di mike, headphone, line telp, SMS, de el el? cek juga barangkali ada materi siaran titipan dari PD atau dari bagian lain, termasuk adakah ”iklan baca” (adlibs)? jika ada, pelajari, agar ketika menyampaikan kepada pendengar, anda sudah familiar betul dengan informasi tersebut.
  2. Sempatkan baca koran hari itu, apabila belum baca; dan sempatkan cek berita terbaru di internet, buka situs berita online, dan cari info terupdate, ter-up to date, bisa dari sumber manapun khususnya berkenaan dengan materi siaran. Usahakan cari dari beberapa sumber berbeda supaya lebih banyak referensi. anda adalah ”referensi” pendengar dalam hal info terbaru. Pendengar mengasumsikan radio adalah gudang info, selain gudang lagu, karenanya menjadi rujukan bagi ketersediaan info terbaru.
  3. Pastikan anda rileks, tenang, tidak tegang, tidak panik, juga tidak dalam keadaan tertekan. kalau agak gugup, tarik nafas. lakukan teknik pernafasan dasar.
  4. duduk senyaman mungkin di kursi siaran; cari posisi ternyaman; layaknya anda bersiap untuk santap malam di sebuah kafe, resto, atau di rumah.
  5. Don’t slouch! jangan duduk membungkuk! tegak! jangan sampai perut anda tertekan. kalau sabuk anda terlalu kencang, longgarkan. Bebaskan perut anda agar suara diafragma keluar dengan baik. duduk membungkuk dapat memengaruhi kualitas suara/vokal karena diafragma tertekan.
  6. Pastikan semua perangkat siaran berfungsi dengan baik; komputer, music player, dll. jika anda siaran setelah penyiar lain, biasanya anda tenang-tenang saja, sebab menganggap semuanya berjalan baik; everything is OK - unless they say different!

Semoga berhasil ! ;)

Sumber : blogggkita.blogspot.co.id

Mediterania Lagoon Residence, Jakarta Pusat, Indonesia 10630