Tarra » Blog » Ketahui Kelebihan Dan Kekurangan Radio Online

Ketahui Kelebihan Dan Kekurangan Radio Online

- Tarra Blog |

Radio online atau streaming adalah salah satu bukti perkembangan technologi saat ini. Apa perbedaan radio konvernsional dengan radio streaming?

jelas tidak sama. Radio konvensional memerlukan antenna sebagai pemancar. Sementara itu, radio streaming membutuhkan koneksi internet untuk siaran, sehingga bersifat global.

Lalu, Apa kelebihan dan kekurangan radio streaming? Adapun penjelasan selengkapnya adalah sebagai berikut ini.

Kelebihan Radio Internet

Radio internet mempunyai banyak kelebihan. Apa saja? pertama, radio streaming menggunakan internet, bukan gelombang radio. dengan demikian, para penikmat musik dapat terbebas dari gangguan transmisi radio. dengan bandwith yang mencukupi, anda dapat mendengarkan radio secara mudah kapan saja dan dimana saja.

kedua, bisa menghemat pengeluaran. dapat dikatakan pemakaian radio streaming jauh lebih heat kalau dibandingkan dengan radio konvensional. kenapa? hal ini disebabkan, pada radio konvensional, kita mesti menyediakan anggaran khusus untuk membeli antenna sebagai alat pemancar siarannya. Sementara itu, jika radio streaming memakai akses internet dengan harga yang jauh lebih murah.

ketiga, kehadiran radio streaming kini memudahkan para penikmat musik untuk mendengarkan lagu. terlebih lagi, saat ini radio streaming bukan hanya dapat dinikmati di komputer, melainkan juga di smartTV, tablet, smartphone, dan lain-lain.

Keempat, radio streaming dari segi penyajian informasinya lebih menarik dibandingkan dengan radio konvensional. Konten yang menarik inilah yang membuat para pengunjung betah berlama-lama mendengarkan radio streaming.

Kelima, bisa direkam. Ya, mendengarkan lagu secara online meudahkan kita untuk merekamnya. mengapa begitu? aspek ini disebabkan, terdapat aplikasi untuk merekam pada streaing radio yang ada di laptop atau komputer.

sebenarnya masih banyak kelebihan lainnya dari radio streaming. Namun secara garis besarnya, kelebihan dari radio streaming adalah memakai koneksi internet, bukan kabel. jadi, pendengarnya bukan hanya di dalam negeri, melainkan juga di luar negeri.

Kekurangan Radio Internet

Segala sesuatu tentu ada kelebihan dan kekurangan. begitu pula halnya dengan radio internet (streaming). lalu, apa saja kekurangan dari radio internet?

 

pertama, radio internet memerlukan perangkat penerima dengan spesifikasi tertentu. hal inilah yang membuat pendengar radio umumnya adalah kalangan atas dan menengah. Namun bisa dijamin di masa yang akan datang radio streaming bisa dinikati oleh semua kalangan, tanpa terkecuali.

kedua, untuk mendengarkan radio streaming mesti terhubung dengan internet yang stabil. selain itu, mesti diimbangi juga dengan bandwith yang mencukupi.

jika koneksi internet anda tidak stabil, suara radio terdengar putus-putus. Oleh karena itu, kalau ingin menikmati radio streaming dengan nyaman, pastikan koneksinya lancar.

jadi, apabila disimpulkan sejarah radio sangatlah panjang. Dimulai dari penggunaan glombang data secara kontinyu, baik modulasi frekuensi (FM), maupun modulasi amplitudo (AM). Nah, metode pengiriman seperti inilah yang dinamakan dengan analog.

Seiring dengan berjalannya waktu dan technologi semakin berkembang pesat, sinyal digital mengubah cara transmisi sinyal radio. hingga akhirnya, kini kita dapat menikmati siaran radio di komputer dengan mengakses ke internet.

Ya, kehadiran internet membawa banyak dampak positif. misalnya, seseorang bisa menikmati dan mendengarkan siaran radio tanpa harus terbatas jarak. jadi, meski kita sedang di luar negeri, tapi kita masih bisa mendengarkan siaran radio lokal dengan radio online.

disamping itu, keberadaan radio streaming menghadirkan siaran radio yang jernih dan tidak terpengaruh dengan cuaca. berbeda halnya ketika kita menggunakan radio konvensional. Radio konvensional memerlukan antenna sebagai alat pemancar sinyal. biasanya ketika hujan dan petir, siaran radio terputus-putus. Namun hal ini tidak terjadi jika menggunakan radio streaming.

Sumber : domainngatemo.wordpress.com

DKI Jakarta, Indonesia