Tarra » Blog » Dasar Skill Seorang Penyiar

Dasar Skill Seorang Penyiar

- Tarra Blog |

Mungkin banyak orang yang menganggap bahwa seorang penyiar itu kerjanya hanya ngomong, padahal banyak kemampuan yang mesti dikuasai seorang penyiar handal. seorang penyiar yang hanya bisa ngomong saja, tidak akan mampu membuat acara yang ia bawakan menjadi menarik. Nah apa saja sih kemampuan yang mesti dikuasai oleh seseorang yang mau jadi penyiar ?

1. Operating Skill

Operating skill ialah kemampuan seseorang untuk mengoperasikan seluruh perangkat yang menunjang sebuah radio supaya bisa mengudara.

lantaran beberapa radio tidak menggunakan operator saat siaran, jadi penyiar yang siaran mesti mampu mengoperasikan sendiri semua alat. Sambil siaran dia juga ngeplay lagu, iklan, naikin potensio mixer dll.

Alat yang harus bisa penyiar kuasai :

– Michrophone

– Mixer

– Komputer

– menguasai minimal satu program untuk mixing ( misalnya  cooledit ) untuk membuat iklan

2. Announcing Skill

Announcing Skill ialah teknik berbicara. Dalam teknik ini bukan hanya digunakan untuk siaran, tetapi juga bisa untuk presentasi, wawancara, drama, MC dll

Dalam Announcing skill ada beberapa hal :

– Pacing Timing : Jeda dan waktu jeda

– Emphasis : Penebalan pada kata2 penting

– Akurasi : Keakuratan dalam mengucapkan sebuah kata

– Range Vocal : jangkauan nada saat berbicara

– volume : Kerasnya suara saat berbicara

– Speed of Speak : kecepatan dalam berbicara

3. Writing Skill

Writing skill adalah teknik menulis, seperti menulis skenario siaran, script siaran, script iklan

4. Jurnalism Skill

Jurnalism skill merupakan teknik menulis berita untuk radio. menulis berita di radio tidak sama dengan menulis berita untuk televisi dan surat kabar. karena radio media selintas jadi anti detail seperti angka, nama orang yang tidak terkenal, dll. harus Kiss : Keep It Short and Simple

5. Musical Touch

Musical touch yaitu bagaimana penyiar bisa menggunakan feelingnya dalam menggunakan musik. misalnya saat dia memanfaatkan musik untuk backsound saat siaran atau memakai musik ketika membuat iklan. harus disesuaikan beat dan karakter musiknya.

Sumber : rodinsaputra.com

DKI Jakarta, Indonesia