Tarra » Blog » Benarkah Tape Polytron Bigband Penerimaan Radio Trouble ?

Benarkah Tape Polytron Bigband Penerimaan Radio Trouble ?

- Tarra Blog |

Diagnosa

Tape Polytron bigband mengalami kerusakan pada bagian penerimaan radio, suara yang dikeluarkan cendrung kecil susah untuk di tuning-nya. jika secara perlahan kita tuning bisa diterima hanya banyak desisnya, jadi kagak enak dengerinnya.

Model tape Polytron :

Model tape Polytron

Apakah yang menyebabkannya ? segera kita selidiki .

Kasus kerusakan kali ini berada pada bagian penerimaan radio Fm sedangkan untuk penerimaan radio Am dalam kondisi baik-baik saja. hal ini memang sudah menjadi kebiasaan, jika umur komponen yang terpasang sudah rada lama maka tentu akan terjadi kerusakan seperti ini. tidak optimalnya system penerimaan radio disebabkan tergesernya frekuensi penerimaan, dan pada rangkaian penerimaan disini masih menggunakan coil.

Ada beberapa kasus kita bisa mengetrim ulang coil supaya frekuensi kembali seperti semula, tapi ada juga yang memang mesti mengganti coil-nya. Seperti kita ketahui perkembangan penerimaan radio sudah sangat maju.

Sekarang ini ini sudah memakai CF sebagai pengganti coil. Coil frekuensi penerimaan kalau kita coba cari penggantinya untuk saat ini sangatlah sulit, jadi apabila memang terjadi kerusakan kita bisa adakan penggantian capasitor yang ada di dalam coil tersebut.

untuk kasus kali ini kita masih bisa mengetrim ulang coil-nya, tampak coil frekuensi radio Fm bisa kita lihat pada gambar berikut:

coil frekuensi radio fm tape polytron

Caranya hanya dengan memutar searah jarum jam sampai hasil suara yang di terima menjadi bagus, dalam hal ini lampu stereo mesti tampil jika frekuensi sudah tepat. setelah kita adakan pengetriman coil kini Alhamdulillah penerimaan radio untuk fm sudah kembali normal.

Sumber : hamimservis.com

DKI Jakarta, Indonesia